Apakah BitCoin Mining Itu Menguntungkan?

Bagaimana sih cara melakukan Bitoin Mining? Banyak orang datang ke web dan blog yang membahas tentang BitCoin untuk mencari tahu bagaimana caranya mining (menambang) BitCoin! Dalam pikirannya, jika bisa melakukan BitCoin Mining, pasti deh nanti bisa kaya raya, banyak duit! Karena kelihatannya sih, BitCoin Mining itu adalah pekerjaan mudah!

BitCoin Mining pekerjaan mudah? WRONG! Dulu di tahun 2009 mungkin memang mudah! tapi sekarang TIDAK LAGI! Mengapa ini terjadi? Karena tingkat kesulitan kegiatan terus bertambah seiring ditemukannya 25 BTC dari proses mining.

Solo Mining atau mining sendirian dengan harapan bisa mendapatkan 25 BTC untuk dinikmati sendiri sudah TIDAK MUNGKIN dilakukan, kebutuhan hardware khusus dan juga biaya operasional adalah sangat MAHAL sodara! Sudah pasti, miner jagoan yang mau beraksi one man show ini akan bangkrut sebelum dia bisa menemukan block pertamanya yang berisi 25 BTC

Pool Mining atau mining bareng bareng dalam sebuah asosiasi miner juga tidak semudah yang dibayangkan. Di BTC Guild misalnya, kita tetap membutuhkan hardware khusus yang up-to-date plus harus memiliki dana untuk operasional miningnya (bayar listrik, bayar ISP untuk akses internet dan lain lain). 

Catat:

Jangan melakukan BitCoin Mining dengan menggunakan akses internet yang dibayar berdasarkan quota pemakaian data. Duh! Paling tidak anda butuh akses internet unlimited lah ...

Jangan melakukan BitCoin Mining dengan hardware pas pasan - dengan menggunakan personal komputer apalagi notebook -- mengapa? karena proses mining ini membutuhkan resource computing yang besar - bisa jadi personal komputer atau notebook anda malah jebol duluan dan earning yang anda dapatkan dari pool tersebut tidak bisa menggantikan kerusakan hardware yang anda alami. 

Lalu bagaimana dong?

Mungkin satu satunya cara adalah bergabung di Cloud Mining! Apalagi tuh? Ini adalah tentang melakukan BitCoin mining dengan cara menyewa 'hardware' sebuah Pool milik orang lain atau menyewa hardware yang disediakan oleh sebuah perusahaan tertentu.

Saat ini, satu satunya Cloud Mining yang ada di pasaran adalah jasa yang disediakan oleh Pool mining bernama GHASH.IO dengan anak cabangnya yang bernama CEX.IO. Cara kerjanya adalah kita membeli GH/s dari mereka untuk melakukan mining! Kita tidak perlu repot dengan urusan instalasi hardware, biaya listrik, biaya internet - dengan membeli Gh/s kita sudah bisa langsung melakukan mining BitCoin secara otomatis!

Cloud Mining di Cex.IO memiliki dua keuntungan, pertama Gh/s yang kita beli akan melakukan mining yang hasilnya akan menjadi keuntungan kita (setelah dipotong fee). Dan yang kedua, Gh/s tersebut bisa kita jual kembali - tapi kalau mau menjual Gh/s pastikan dulu harga pasarnya sedang naik, sehingga kita tidak merugi.

Kabar buruknya! Sudah disebutkan kata 'membeli' jadi ini bukan program gratisan. Kita harus memiliki dana dalam bentuk BitCoin untuk membeli Gh/s tersebut. Ya! Mereka hanya menerima BitCoin untuk bertransaksi.

Pengalaman:

Pada tanggal 04 Desember 2013. Saya mendepositkan 0.01050079 BTC ke akun di Cex.IO. Lalu saya belanjakan semuanya untuk membeli Gh/S dan pada harga beli saat itu saya hanya mampu membeli 0.1 Gh/s alias 100 an Mh/s saja. 

Dengan resource 0.1 Gh/s, BitCoin yang saya dapatkan dari mining adalah ....


"Dapat BitCoinnya?"

"Dapat, Ma! Tapi kecil kecil ... "

Huhahaha!!! 

Tapi sisi positifnya .... saya tidak membutuh komputer yang harus online 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, terbayang betapa tersiksanya si komputer yang resourcenya dipaksa melakukan hashing terus menerus, terbayang bergerak ngebutnya meteran listrik ... belum lagi akses internetnya! 

-----

Seiring berjalannya waktu, saya belajar untuk re-invest BitCoin yang didapat dari cloud mining untuk membeli Gh/s tambahan ....

Saat ini saya memiliki 0.15845976 Gh/s ... dan berikut penampakan hasil mining ..



Koq sepertinya sama saja hasilnya .. Yup yup! Masih ingat bahwa tingkat kesulitan mining terus bertambah seiring ditemukannya block block baru? Hal ini menunjukkan bahwa kita harus terus 'upgrade' atau menambah Gh/s untuk mengejar tingkat kesulitan itu ...

Plus ... melakukan mining dengan menggunakan Pool itu bagi hasilnya juga berdasarkan  besar kecilnya Gh/s yang dimiliki, mereka yang memiliki Gh/s lebih besar tentu akan mendapatkan share lebih banyak!

Rencananya mau coba beli 1 Gh/s langsung untuk melihat bagaimana performance miningnya .. saat ini harga 1 Gh/s = 0.072 BTC yang kalau di rupiahkan sekitar 760100 Rupiah. Hmmm ... benar benar investasi yang beresiko tinggi dah!! Beli ga ya?

Ntar ah di sambung lagi .....

By the way, bagaimana menurut anda? Masihkah BitCoin Mining itu menguntungkan?


Kamus: Gh/s - singkatan dari Giga Hash per Second (Hash Rate). Artinya dalam bahasa Indonesia versi Transtool dari BitCoin.ORG - Hash Rate adalah pengukur satuan dari kekuatan pengolahan atau kalkulasi data matematis dari jaringan Bitcoin. jaringan Bitcoin harus membuat operasi matematis secara instensif untuk alasan keamanan. Ketika jaringan mencapai tingkat hash 10 TH/detik, Itu berarti ia bisa melakukan 10 triliun perhitungan dalam satu detik.

---
(c) Copy Right 2013
Ditulis dan dipublikasikan oleh Palagan
http://bitcoinindonesia.blogspot.com
http://www.nmbit.com
BTC Address: 1Cgo2TLBJgzg68TsmXPM7cu1Ezjzsm9N2

referensi: BitCoin.org

Comments