Smart Money vs Dumb Money

[bitcoinindonesia.blogspot.com] Di dalam dunia trading online ada 2 kategori trader yang menggerakkan harga dipasar dari aktifitas jual dan beli yang mereka lakukan. Dua kategori trader ini kita sebut dengan DUMB MONEY dan SMART MONEY. Heh?

Siapakah DUMB MONEY?
Anda! Yaps ... Anda adalah termasuk di dalam kategori DUMB MONEY. Hehehe .. Jangan marah dan jangan tersinggung, julukan ini diberikan oleh media untuk trader individu yang melakukan trading secara online. Trader individu dengan modal kecil, kemampuan analisa pasar seadanya tanpa ada disiplin dalam pengelolaan keuangan / money management.

Siapakah SMART MONEY?
Kategori SMART MONEY biasanya adalah institusi atau perusahaan - yang memiliki modal besar, dengan team analis profesional yang dibayar untuk memberikan keuntungan kepada instutusi atau perusahaan tersebut. Modal besar yang dimiliki SMART MONEY mampu menggerakkan harga pasar ke arah yang mereka inginkan untuk mendapatkan profit sebesar besarnya dengan pengeluaran yang sekecil kecilnya. Siapakah target sasaran atau korban SMART MONEY? Siapa lagi kalau bukan DUMB MONEY yang selalu bernasib sial menjadi korban. Mengapa hal ini bisa terjadi?

DUMB MONEY Selalu Salah Kaprah Membaca Chart
Mari kita lihar, ketika chart menunjukkan harga bergerak naik DUMB MONEY akan mengatakan bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan aksi beli atau buy. Sebaliknya ketika chart menunjukkan harga bergerak turun maka DUMB MONEY akan mengatakan ini adalah saat untuk melakukan aksi jual atau sell. Akibatnya? DUMB MONEY sering terjebak dengan BUY HIGH, SELL LOW karena emosi dan psikologis trading mereka yang tidak stabil.

Mari kita lihat dari sisi SMART MONEY, apakah yang sebenarnya terjadi ketika chart menunjukkan harga bergerak  naik?. Harga bergerak naik disebabkan karena SMART MONEY melakukan aksi jual, mereka ingin menjual dengan harga tinggi, kepada siapa mereka menjual? Yak!  Tentu saja kepada DUMB MONEY! Sebaliknya ketika harga bergerak turun, ini artinya SMART MONEY sedang melakukan aksi beli dan mereka ingin membeli di harga rendah, dari siapa SMART MONEY membeli? Lagi lagi tentu saja dari DUMB MONEY.

Dengan modal besar yang mereka miliki, SMART MONEY mampu memanipulasi .. errr ... memaksa harga pasar untuk bergerak ke arah yang mereka inginkan. SMART MONEY adalah penggembala dan DUMB MONEY adalah ternak yang digiring giring ke mana mereka suka.

Siapa SMART MONEY Dalam Bitcoin Trading?
Paling gampang mengenali SMART MONEY dalam Bitcoin Trading, mengapa? Pertama - karena jumlah mereka (masih) sedikit. Karena jumlah mereka sedikit, persaingan antara sesama SMART MONEY dalam meraih keuntngan (hampir) tidak ada, Seolah ada perjanjuan tidak tertulis di antara mereka untuk sama sama menjadikan DUMB MONEY sebagai korban ... hehehe

Kedua, karena dalam Bitcoin Trading masih tersedia bagi para trader untuk melakukan trading secara SPOT. Di dalam dunia trading online, SMART MONEY melakukan trading secara SPOT dan bukan MARGIN Trading.

OK! Siapa SMART MONEY dalam Bitcoin atau Cryptocurrency Trading? mereka tidak lain adalah perusahaan Bitcoin Exchange tempat anda melakukan Bitcoin Trading! Bukan rahasia jika perusahaan Bitcoin atau Cryptocurrency Exchange tempat anda melakukan trading itu sebenarnya melakukan trading melawan anda para klien mereka. Bahasa kasarnya - mereka mengambil keuntungan dari anda.

Bagaimana Cara Mengalahkan SMART MONEY Dalam Bitcoin Trading?
OK! Ini adalah pertanyaan yang salah dan terkesan sok sok an, karena anda tidak bisa mengalahkan SMART MONEY. Why? Karena modal trading anda tidak bisa disamakan dengan modal yang mereka miliki. Seandainya seluruh DUMB MONEY bersatu sekalipun tidak akan mampu untuk menggerakan harga pasar, ingat siapa penggembala dan siapa hewan ternak gembalaannya ....

Mengubah cara pandang kita untuk SAMA dengan cara pandang SMART MONEY. - orang mengatakan "Follow SMART MONEY" Jika mereka melakukan aksi beli, maka kita akan juga melakukan aksi beli, jika mereka melakukan aksi jual maka kita juga akan melakukan aksi yang sama. Yang kemudian menjadi masalah adalah bagaimana cara mengetahui harga target terendah ketika SMART MONEY melakukan aksi beli dan harga target tertinggi ketika SMART MONEY melakukan aksi jual.

NOW! Let see this chart .....
Seperti yang anda lihat, chart di atas bukan chart default (DUMB MONEY Chart), melainkan chart dari sisi pandang SMART MONEY. Chart candle warna hijau menunjukkan harga turun (bearish) menunjukkan SMART MONEY sedang melakukan aksi beli, mereka ingin membeli di harga rendah dan memaksa harga market untuk  turun. Chart candle warna merah adalah sebaliknya, mereka ingin menjual di harga tinggi dan memaksa harga market untuk naik.

Hint: hanya BELI ketika candle berwarna hijau dan jual ketika candle berwarna merah dengan memperhatikan posisi yang ditunjukkan oleh Stochastic Relative Strength Index (Stoch RSI). Good Luck! Disclaimer: This is not trading advices ... wekz!

LIVE CHART BISA DILIHAT DI SINI

Donate BTC
.........
Copyrights 2019
Mahameru Spearhead Trading Group
Bitcoin Indonesia

Comments