Kecerobohan Yang Sering Di Lakukan Pengguna Bitcoin

Tidak hanya pemula dalam dunia Bitcoin, pengguna Bitcoin yang telah lama berkecimpung di dalam Cryptocuttency ini sering melakukan kesalahan atau kecerobohan yang mungkin tidak mereka sadari. Apa saja itu?



Lupa Password atau Passphrase Dompet Bitcoin
Seringkali pengguna Bitcoin lupa dengan password atau passphrase untuk mengakses dompet Bitcoin mereka. Lebih celaka lagi ternyata mereka melewatkan langkah langkah yang bisa digunakan untuk mengingat atau mendapatkan kembali password tersebut.

Layanan dompet Bitcoin memang seringkali mengharuskan penggunanya untuk membuat password dengan tingkat kesulitan yang tinggi - misalnya dengan gabungan dari - huruf besar dan kecil, angka dan karakter simbol lainnya. Seringkali karena kerumitan password ini, para pengguna Bitcoin malah bisa jadi susah untuk mengingatnya. Untuk itu - dokumentasikan password dompet Bitcoin anda dalam media penyimpanan offline, misal dengan menuliskannya pada sebuah dokumen dan menyimpannya di tempat aman yang ada di dalam rumah anda. Jangan sekali sekali menyimpan dokumen password di media penyimpanan online.

Tidak Pernah Melakukan Backup Dompet Bitcoin
Bitcoin bersifat elektronik, dengan kata lain Bitcoin adalah sebuah data yang sama saja dengan aplikasi komputer pada umumnya. Melakukan backup secara rutin dan kemudian menyimpan file backup tersebut di tempat yang aman dan mudah jangkau adalah sangat penting. Beberapa pengguna Bitcoin sering menyimpan file backup dompet Bitcoin mereka dalam media penyimpanan online - hal ini tidak bijaksana. Simpan file backup dompet Bitcoin anda secara offline - misal dalam flash disk, portable hard disk yang hanya akan terhubung ke internet ketika anda membutuhkannya. Simpam file backup tersebut dalam bentuk beberapa cadangan dengan menggunakan media penyimpanan offline yang berbeda. Karena siapa tahu - jika media penyimpanan flash disk anda rusak, anda masih memiliki cadangan backup lainnya.

Tidak Melakukan Investagasi Terhadap Layanan Yang Terkait Dengan Bitcoin
Ketika Bitcoin mulai banyak dikenal dan digunakan, muncullah layanan layanan yang menawarkan produk atau jasa dengan menggunakan Bitcoin sebagai media transaksinya. Fakta, Bitcoin adalah target penipuan, di mana mereka para scammer alias penipu itu berusaha mendapatkan Bitcoin dengan cara ilegal dari malasnya pengguna Bitcoin untuk melakukan investigasi. 

Layanan HYIP atau High Yield Investment Program yang menjanjikan Return Of Invenstment menggiurkan dari investasi dalam bentuk Bitcoin bisa dipastikan bahwa mereka adalah SCAM yang melakukan praktek Ponzi Scheme.

Layanan Bitcoin Cloud Mining yang menjanjikan kepada anda untuk bisa melakukan Bitcoin mining tanpa perlu membeli sendiri 'Mining Rig' juga sangat rawan SCAM karena mereka sebenarnya juga sama melakukan praktek Ponzi Scheme. Memang ada beberapa layanan Bitcoin Cloud Mining yang benar benar legit, tapi jumlah mereka adalah sangat sedikit. Selalu lakukan investigasi secara menyeluruh sebelum anda mengikuti atau menggunakab layanan mereka. Bitcoin Cloud Mining yang legit harus mampu menunjukkan bahwa layanan mereka benar benar melakukan Bitcoin Mining, misalnya bukti dalam bentuk data BLOCK yang mereka hasilkan dalam proses mining dan lain lain. Selalu hitung untung rugu dan juga resikonya sebelum anda menggunakan jasa layanan Bitcoin Cloud Mining.

Melakukan Trading atau Jual Beli Bitcoin Berdasarkan Emosi
Selisih dari pergerakan harga Bitcoin sangat besar dan tidak ada yang bisa memprediksikan secara pasti akan kemana trend pasar akan bergerak. Seringkali, para trader Bitcoin terjebak dengan yang namanya FOMO atau Fear Of Missing Out, ketika harga Bitcoin sedang mengalami kenaikan mereka melakukan aksi Buy sekedar ikut ikutan tanpa perhitungan dan analisa yang matang. Bitcoin trading membutuhkan skill analisa dan kemampuan untuk membaca indikator indikator technical dan juga fundamental.

Menyimpan Dana Bitcoin Di Layanan Bitcoin Exchange Atau Layanan Dompet Bitcoin Online
Seringkali pengguna Bitcoin menggunakan layanan Bitcoin Exchange sebagai tempat untuk menyimpan Bitcoin mereka untuk waktu yang sangat lama. Atau para pengguna Bitcoin tersebut menggunakan dan percaya 100% dengan layanan dompet Bitcoin Online seperti misalnya layanan dompet dari Blockchain.info. Hal ini tidak bijaksana karena anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap Bitcoin yang tersimpan di layanan tersebut.

Untuk menyimpan Bitcoin - pengguna Bitcoin wajib memiliki dompet Bitcoin yang bisa mereka kontrol dan kelola sendiri dengan sepenuhnya - misalkan dengan menggunakan aplikasi dompet Bitcoin yang ter-install pada komputer yang ada di rumah, di mana anda bisa dengan mudah melakukan backup dan manajemen pengawasan lain seacara mandiri.



-------------




Copyrights 2017
Mahameru Spearhead
Bitcoin Indonesia
BTC Address: 1Hy3J4PmryXXxJsabGGv8qvpzzFR6afNzh

Comments