Indikator Untuk Membaca Arah Trend Pasar - #03 Chandelier Exit And Aroon Indicator

Dalam dua seri posting sebelumnya kita telah membahas tentang:

Dan dalam seri kali ini (sepertinya seri terakhir deh - kumat malas postingnya) - kita akan membahas tentang dua indikator sekaligus yaitu Chandelier Exits Indicator dan Aroon Indicator.

Chandelier Exits
Dikembangkan oleh Charles Le Beau. Indikator ini didesain untuk membantu trader untuk tetap fokus di dalam trend yang sedang berlangsung dan tidak buru buru keluar sebelum ada indikasi trend akan berakhir.

Indikator Chandelier Exits ini bukan bawaan default aplikasi MetaTrader, akan tetapi terima kasih kepada para developer indicator MetaTrader - sehingga indikator ini bisa ditemukan modifikasinya untuk diinstall pada aplikasi MetaTrader. Silahkan cari di internet dengan menggunakan keyword "Chandelier Exit MetaTrader" dan anda akan menemukan banyak sumber yang menyediakan indikator ini baik berbayar atau gratis.

Untuk trading Bitcoin saya menemukan salah satu layanan charting CryptoWatch menyediakan indikator ini.

Aroon Indicator
Dikembangkan oleh Tushar Chande. Di desain untuk membantu trader membaca arah trend yang sedang terjadi. Sama dengan indikator Chandelier Exit, indikator Aroon bukan bawaan default aplikasi MetaTrader, tapi bisa ditemukan versi modifikasinya untuk diinstall ke dalam MetaTrader sebagai indicator tambahan.

Untuk trading Bitcoin saya juga menemukan bahwa layanan charting CryptoWatch menyediakan indikator ini.

Penampakan Indikator Chandelier Exits dan Indikator Aroon.

Data exchange yang digunakan adalah BitFinex. Pair  BTCUSD dengan timeframe 1 jam.


Bagaimana membaca arah trend dengan menggunakan dua indikator ini?

Chandelier Exits Indicator terletak pada chart utama. Kita bisa melihat posisinya adalah garis yang terletak di atas atau di bawah candle stick (atau model bars lain yang anda gunakan).

Jika garis Chandelier Exits berada di BAWAH candle sticks, maka trend yang sedang terjadi adalah UP TREND atau BULLISH

Jika garis Chandelier Exits berada di ATAS candle sticks, maka trend yang sedang terjadi adalah DOWN TREND atau BULLISH

Aroon Indicator terletak pada bagian tambahan pada chart, terdiri dari dua garis hijau dan merah.

Jika garis hijau berada di ATAS garis merah, maka trend yang sedang terjadi adalah UP TREND atau BULLISH

Jika garis hijau berada di BAWAH garis merah , maka trend yang sedang terjadi adalah DOWN TREND atau BEARISH

--

Biasanya para trader menunggu di saat awal pembentukan trend terjadi, misal ketika Chandelier Exit muncul di bawah candle stick untuk pertama kalinya, maka para trader akan melakukan aksi beli dan menunggu sampai Chandelier Exit berikutnya muncul untuk menunjukkan berakhirnya trend -- para trader melakukan aksi jual untuk mengambil profit ketika Chandelier Exit berikutnya muncul di atas candle stick.

Demikian juga dengan Aroon, para trader menunggu di saat awal pembentukan trend, misal ketika garis hijau bersilang dengan garis merah (awal mula garis hijau akan bergerak di atas garis merah), maka para trader akan melakukan aksi beli dan kemudian menunggu pembentukan trend selanjutnya tang menunjukkan perubahan arah trend, ketika garis merah bersilang dengan garis hijau (awal mula garis merah akan bergerak di atas garis hijau).

Dari contoh chart yang ada di atas, kita bisa menyimpulkan trend apa yang sedang atau akan terjadi ..

Kita lihat Chandelier Exit baru saja muncul di bawah candle stick - ini menunjukkan bahwa trend yang terjadi sekarang adalah UP TREND atau BULLISH.

Pada Aroon incicator kita melihat bahwa garis hijau berada di bawah garis merah, ini menunjukkan bahwa trend yang sedang terjadi sekarang adalah DOWN TREND atau BEARISH.

NAH LOH! Dua indikator ini memberikan data yang berlawanan, bagaimana seharusnya kita para trader bereaksi?

Trader Aggresive akan mengambil resiko untuk melakukan aksi Buy, dengan keyakinan bahwa Aroon Indicator akan mengikuti Chandelier Exit.

Trader Conservative akan menunggu konfirmasi dari Aroon indicator, jika Aroon indicator juga menunjukkan UP TREND, barulah mereka akan juga melakukan aksi BUY.

---

Trader Aggresive? Trader Conservative? Well itu untuk posting selanjutnya ... hehehhe!


-------------

Copyrights 2016
Mahameru Spearhead
Bitcoin Indonesia