Jualan Konten Digital Dengan Bitcoin

Pernah dengar ClickBank? Dia adalah sebuah platform penjualan konten digital (eBook, dan lain lain) yang menggunakan PayPal sebagai media pembayaran online-nya. Sayang sekali, dalam komunitas Bitcoin masih sangat kurang platform sejenis ClickBank yang bisa memberikan wadah kepada digital content publisher untuk bisa menawarkan produknya dengan menggunakan Bitcoin.

----

Salah satu platform untuk menjual konten digital dengan menggunakan Bitcoin adalah SatoshiBox - dari hasil ujicoba, sebenarnya sangat mudah - tinggal upload konten yang ingin dijual, set harga jual dan set alamat Bitcoin yang akan menerima pembayaran dari para pembeli - maka konten digital tersebut sudah bisa online siap diPasarkan.

Tapi saya bukan seorang penulis - Jadi tidak memiliki konten digital untuk dipasarkan. 

Jika anda bukan seorang penulis, sebenarnya gampang saja - di Internet ada banyak konten digital yang sudah masuk ke dalam ranah 'Public Domain' - tahukah anda, konten digitAl ini bisa diperjual belikan dengan bebas? Anda bisa melakukan publish uLang sebuah konten digital kategori Public Domain dan mendapatkan keuntungan darinya - tapi tentu saja dengan syarat - anda tidak berhak mengaku ngaku sebagai pemilik hak cipta konten digital tersebut.

Salah satu sumber konten digital kategori Public Domain bisa anda temukan di Project Gutenberg - di sana akan anda temukan ribuan arsip catatan digital yAng copyrights-nya telah expired atau masuk ke dalam kategori Public Domain. Yang perlu anda lakukan adalah cari konten yang ingin anda publikasikan ulang dan kemudian ubah menjadi format konten digital lain, misal menjadi file dengan format PDF atau yang lainnya.

Salah satu konten digital yang saya temukan adalah naskah buku yang umurnya sudah lebih dari 100 tahun. 

Naskah tersebut berjudul "Sun Tzu On The Art Of War" - sebuah naskah terjemahan asli dari 13 Chapter strategi perang ditulis oleh sang Jendral Perang Sun Tzu dari daratan Tiongkok ribuan tahun yang lalu. Naskah ini saya tulis ulang dan kemudian diubah menjadi format file PDF agar bisa dengan mudah didownload dan cetak oleh orang lain. (dan ahem, tentu saja saya berharap sedikit donasi dari para pendownload)

Silahkan lihat halaman penjualan (eh, donasi) - dari konten digital atau eBook "Sun Tzu On The Art Of War" donasi untuk download eBook tersebut adalah 0.0015 BTC - minimum penjualan yang diperbolehkan di SatoshiBox adalah 0.001 BTC.

Ingin donasi denGan discount (ada lagi namanya donasi di diskon? hehe) ... silahkan download dengan menggunakan fitur affiliate .. 


Target Pasar? Jangan berharap dari pasar lokal Indonesia - karena yang namanya orang Indonesia itu (iye termasuk saya dan anda) adalah pelit dalam mengeluarkan biaya untuk menghargai hasil usaha orang lain, gratisan adalah prioritas - udeh ngaku aja dah ... hihihahah! *


---------

Kelemahan SatoshiBox dan juga bisnis bisnis berbasis Bitcoin lainnya, justru pada di tingkat kepercayaan:

Penjual tidak percaya dengan SatoshiBox - karena khawatir pengelola SatoshiBox bisa mengubah alamat dompet penerima menjadi dompet milik sang pengelola, sehingga hasil transaksi pembelian tidak masuk ke sang penjual konten digital.

Pembeli tidak percaya dengan penjual - konten digital bisa dikatakan sebagai produk dengan jaminan kualitas yang tidak bisa dipertanggungjawabkan - dari 'nature' sistem Bitcoin itu sendiri, pembeli tidak bisa meminta Bitcoin-nya kembali (refund) ketika menemukan konten digital yang dia beli tidak berkualitas baik.

SatoshiBox mengatakan tidak menarik biaya komisi atas jasa yang mereka tawarkan, tapi pada kenyataannya mereka menarik biaya komisi sebesar 30%


Ya mau bagaimana lagi? 

Sepertinya kurangnya kepercayaan memAng menjadi penyakit kronis komunitas Cryptocurrency! 
Makanya toh pak lek ndak usah ndakik ndakik mengagungkan anoNimitas alias hak kerahasiaan dalam bertransaksi ... *

#Sekian

*nyinyir ga boleh ketinggalan dalam setiap posting :P


---
(c) Copy Right 2014
http://bitcoinindonesia.blogspot.com
BTC Address: 1NUSAbCxXb7qQnhvsY9mhWX1KjNbssXQv9

Comments