Bitcoin dan MtGox. Itu Beda!

Bulan Februari 2014 - komunitas Bitcoin dunia melihat tumbangnya salah satu pelopor perusahaan exchange yang melayani jual dan beli Bitcoin terhadap fiat, MtGox. Dan seperti biasa komentar komentar pro dan kontra pun kembali memenuhi jagad informasi.

Mereka yang pro dengan Bitcoin beranggapan hal ini biasa biasa saja - kecuali mereka yang memiliki simpanan Bitcoin di MtGox tentunya.

Mereka yang kontra akan dengan bangganya berkata "Apa gue bilang, Bitcoin is dead!"


Tapi dari kasus MtGox ini, akhirnya bisa kita lihat dengan jelas bagaimana perbedaan konsep dari masyarakat dunia tentang Bitcoin, terutama mereka yang 'melawan' Bitcoin sampai titik darah penghabisan.

Mereka yang kontra dengan Bitcoin, ngotot menganggap MtGox adalah sama dengan Bitcoin itu sendiri! Jika MtGox tumbang maka Bitcoin pun maka ikut tumbang. Mungkin anggapan mereka Bitcoin adalah sama dengan Liberty Reserve yang dikelola oleh Liberty Reserve, Corp. Ketika perusahaan yang mengelola Liberty Reserve dibekukan oleh joint operation pemerintah USA dan Costa Rica, maka peredaran Liberty Reserve pun menghilang dari muka bumi.

Padahal kenyataannya Bitcoin dan MtGox adalah dua hal yang berbeda! 

MtGox sebenarnya adalah JUGA PENGGUNA BITCOIN sama seperti pengguna Bitcoin lainnya, dia adalah kebetulan sebuah perusahaan yang menjadi perantara dan melayani jual beli Bitcoin. Jadi MtGox adalah sama saja dengan seorang pengguna Bitcoin yang 'ceroboh' dalam mengatur Bitcoin yang ada dalam pengawasannya. Karena dia adalah sebuah perusahaan yang melayani pertukaran Bitcoin dengan Fiat, maka dalam kasus ini MtGox selaku pengguna Bitcoin telah gagal dalam mengamankan aset Bitcoin milik 'para nasabah' yang telah dipercayakan kepadanya.

Ketika MtGox tumbang, memang terjadi krisis kepercayaan - terutama dari mereka para pengguna Bitcoin yang menganggap mata uang terenkripsi ini sebagai aset investasi. Harga Bitcoin terhadap Fiat mendadak jatuh, banyak orang beramai ramai menjual Bitcoin miliknya karena khawatir berita tentang MtGox akan menyebabkan harga Bitcoin semakin turun. Hal ini adalah sesuatu yang wajar dalam dunia investasi! (batinku .. salahmu dewe nganggap Bitcoin sebagai aset investasi .. wekz!)

Lalu apakah berita tentang MtGox ini akan membunuh atau menghentikan Bitcoin? Menghilangkan peredarannya sebagai mata uang terenkripsi?

Jawabannya adalah TIDAK .... 

Bitcoin akan tetap ada selama masih ada orang yang mau menggunakan Bitcoin sebagai alat dan media transaksi.

Bitcoin masih akan tetap berputar dan diperdagangkan selama masih ada mereka - para miner - yang mau melakukan proses Bitcoin mining untuk menemukan block block baru berisi Bitcoin dan juga sekaligus melakukan konfirmasi transaksi yang terjadi di dalam jaringan Bitcoin.

Harga naik dan turun itu adalah hal biasa. Sama halnya dengan Fiat, nilai Bitcoin pun bisa naik dan turun karena mata uang terenkripsi ini juga tidak luput dari faktor faktor fundamental yang menyebabkan perubahan harga.

Lalu bagaimana dengan MtGox? Lho? Itu kan kasusnya sama saja dengan sebuah Bank yang kolaps karena gagal dalam manejemen investasi ... 

Dalam jaringan Bitcoin, MtGox bukan satu satunya perusahaan yang melayani jual beli Bitcoin, masih ada banyak perusahaan serupa seperti BTC-E, Kraken, Coinbase dan lain lain - baik dalam skala perusahaan besar maupun kecil.



sumber gambar: Cex.IO - Facebook Group

---
(c) Copy Right 2014
Ditulis dan dipublikasikan oleh Palagan
http://bitcoinindonesia.blogspot.com
http://www.nmbit.com
BTC Address: 1NMBiT6G2qr4xk8tR3rp7txu95YEpgLThb

Comments