Friday, January 10, 2014

Bitcoin Mining Dan Return Of Investment

ROI. Return Of Investment. istilah ini mungkin lebih sering diucapkan oleh para investor, orang orang yang menginvestasikan sejumlah dana (uang) untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat.

ROI seharusnya juga menjadi MINDSET dalam 'industri Bitcoin'! Dan sayangnya, istilah ini seolah tenggelam karena 'demam bitcoin' - orang orang yang ingin segera mendapatkan Bitcoin dengan cara melakukan 'Bitcoin mining' tidak pernah berpikir panjang sebelum mengeluarkan sejumlah uang untuk keperluan mining yang harganya terbilang cukup mahal.

Bitcoin mining bukanlah sebuah kegiatan yang murah. Minimal anda harus memiliki 'hardware khusus', biaya akses internet dan biaya listrik! 

Uang yang anda keluarkan untuk keperluan mining - SEHARUSNYA - bisa 'kembali' agar anda tidak rugi, dan nilai kembalinya harus lebih agar anda bisa disebut mendapatkan keuntungan. Dan inilah yang sering dilupakan oleh para penderita 'demam bitcoin'.

Ambil contoh:

Anda membeli 100 unit Bitcoin miner tipe USB karena terjangkit 'demam bitcoin'. Sang produsen Bitcoin miner itu mengklaim bahwa dengan 100 unit ini anda bisa mendapatkan 30 Juta rupiah dalam sebulan (harus online internet 24 jam 30 hari) HORE!!! 30 juta sebulan? siapa sih yang tidak mau uang sebanyak itu?

Tapi ...

Berapa harga Bitcoin miner tipe USB itu per unitnya? sekitar 1.5 Juta Rupiah per unit! Untuk 100 Unit berarti anda harus mengeluarkan uang sebesar .. JRENG! 150 Juta Rupiah!!

Berapa biaya operasional untuk mining. Biaya akses Internet dan listrik? Untuk biaya listrik perlu diperhatikan karena per 1 unit Bitcoin miner tipe USB itu membutuhkan daya listrik sendiri .. kalikan dengan banyak unit yang anda miliki.

Lalu ada yang mengatakan ... "Tenang! Kan dapat 30 Juta sebulan .. enam bulan juga sudah balik modal untuk hardwarenya"

Oh ya?

Satu hal yang dilupakan adalah 30 Juta rupiah perbulan bukanlah angka pasti! Mengapa?

Faktor tingkat kesulitan bitcoin mining yang terus meningkat. Ini artinya proses mining akan semakin membutuhkan daya proses (hash rate) yang semakin besar, jika anda tidak menambah hash rate maka pendapatan Bitcoin dari hasil mining akan terus berkurang! 

Harga jual Bitcoin adalah TIDAK PASTI dan lebih bersifat ke spekulatif .. hari ini USD 800 per 1 BTC .. apakah besok menjadi USD 1000 per 1 BTC atau malah USD 300 per 1 BTC?  Tidak ada yang bisa memprediksikan! :P


Jadi? Apa masih bisa memastikan minimal 150 Juta rupiah yang dikeluarkan untuk membeli hardware Bitcoin Miner itu bisa kembali dalam waktu cepat bersama dengan keuntungannya sebagai Return Of Investment? Atau jangan jangan anda malah tidak memikirkannya sama sekali? :P


----

Posting ini bukan untuk melarang anda melakukan Bitcoin mining! Hanya saja harap perhatikan dan perhitungkan secara detail untung ruginya. 

Ada banyak web yang bisa membantu anda dalam menghitung perkiraan keuntungan dalam proses Bitcoin mining, silahkan gunakan keywords pencarian 'Bitcoin Mining Profit Calculator" Silahkan lakukan utak atik perhitungan ... akan anda temukan bahwa Bitcoin Mining sebenarnya adalah sebuah bisnis yang membutuhkan BANYAK BIAYA! Bukan 'bisnis asal nyemplung' :P



---
(c) Copy Right 2014
Ditulis dan dipublikasikan oleh Palagan
http://www.nmbit.com
BTC Address: 1NMBiT6G2qr4xk8tR3rp7txu95YEpgLThb

Related Posts

Bitcoin Mining Dan Return Of Investment
4/ 5
Oleh