Awal Mula Saya Kenalan Dengan BitCoin

Posting ini adalah sebuah cerita tentang awal perkenalan saya dengan BitCoin ....

BitCoin menjadi sebuah fenomena baru dalam perkembangan Teknologi Informasi. Sebuah konsep keuangan masa depan  yang dianggap bisa menggantikan konsep keuangan konvensional yang kita kenal dan jalani dalam kehidupan sehari .....

Bulan November 2013 - Masyarakat dunia dikejutkan dengan sebuah fakta di depan mata. Konsep keuangan yang baru diperkenalkan ini tiba tiba saja menunjukkan sebuah 'tingkah laku' mengejutkan. Ditandai dengan nilai 1 BitCoin atau 1 BTC yang setara dengan 1000 USD!

Waaaaa!!! Terdengar ungkapan kecewa dan penyesalan di sana sini! "kenapa saya tidak mencoba BitCoin dari dulu? Ketika harganya masih setara dengan USD 10 ... USD 100 ... alangkah ruginya saya!!!" 

Ya ya! Jujur saya sendiri termasuk di dalam mereka yang kecewa!! "Jancuk!" Bathin saya. 

Waduh! Pake acara misuh segala!!! Bagaimana tidak misuh? Saya mengenal BitCoin ketika konsep keuangan ini baru diperkenalkan pada tahun 2009 -- dan pada saat itu - nilai tukar 1 BTC tidak ada apa apanya dibandingkan nilai tukar mata uang konvesional!

Saya mengenal BitCoin ketika sedang aktif bermain sebuah game online Freelancer Discovery. Ketika saya sedang berada di daerah terpencil dalam gugus bintang Sirius, bersama rekan rekan penambang dari klan Independen Miner Guild sedang menambang mineral mineral berharga dari kumpulan asteroid di system tata surya TAU 23 ....

eh buset ini ngomong apaan sih? Gugus Bintang Sirius? Huehehehe!!!! Buat intermezo bang, neng, cak, ning .... Lihat dulu videonya .. hahaha



OK! Waktu itu kami terlibat dalam diskusi tentang bagaimana seandainya jika developer game ini, mengaplikasikan BitCoin dalam server game - hanya saja kemudian diskusi itu berhenti dalam sebuah sudut pandang skeptis .... bla bla bla ...

Dan dengan melihat kenyataan yang ada sekarang! Saya yakin teman teman bermain game online yang berasal dari berbagai belahan bumi ini juga misuh bareng bareng dalam bahasa ibunya ... Huahahaha!!!

---

Singkat cerita ... tiba tiba saja BitCoin menjadi buah bibir dalam berbagai macam diskusi ... mereka yang mendiskusikannya bukan lagi sekumpulan gamer online kurang kerjaan -- mereka yang mendiskusikannya adalah para pakar dalam bidang ilmu tentang keuangan .. (langsung bengong dah!)

Seiring dengan semakin berkembangnya konsep ini, semakin banyak pula 'orang orang' yang mengambil kesempatan dengan mengatakan ini itu -- ada mengatakan ini itu dalam bentuk informasi yang membuka wawasan .. tapi banyak pula yang mengatakan ini itu dalam bentuk 'informasi sampah' yang menyesatkan opini dengan tujuan untuk meraih keuntungan pribadi dari ketidak tahuan orang lain.

Kita melihat berbagai macam bentuk penipuan (SCAM, FRAUD - Cyber Crimes) mulai masuk ke dalam konsep keuangan baru ini, dan yang paling banyak muncul adalah bentuk bentuk penipuan bertema 'Quick Rich Scheme' ... Ingin kaya, tapi ga perlu belajar, ga perlu kerja keras .. bla bla bla! PRET!!!

Ga usah ngeles! Anda yang datang ke berbagai situs web dan blog tentang BitCoin sebenarnya dengan tujuan biar bisa dapat duit dengan mudah toh? ya toh? ya toh? Saya juga demikian awalnya :P

Tapi satu yang harus ditanamkan dalam mindset adalah kata kata dari para pengembang dan pelopor lahirnya konsep keuangan ini .....


"Bitcoin is an experimental new currency that is in active development. Although it becomes less experimental as usage grows, you should keep in mind that Bitcoin is a new invention that is exploring ideas that have never been attempted before. As such, its future cannot be predicted by anyone. sumber BitCoin.org"

BitCoin adalah sebuah konsep keuangan eksperimental, jika anda mempelajari konsep ini dari awal -- akan anda temukan bahwa banyak faktor (faktor teknologi, hukum, sosial dan lain lain) yang bisa 'menenggelamkan' .. tapi juga sebaliknya bisa jadi faktor faktor tersebut akan mendukung semakin kokohnya konsep keuangan  'BitCoin' untuk diterima oleh masyarakat dunia sebagai konsep keuangan alternatif dalam bertransaksi. 

Sekali lagi seperti yang dikatakan oleh para pengembang dan pelopor ide BitCoin " ... Bitcoin is a new invention that is exploring ideas that have never been attempted before. As such, its future cannot be predicted by anyone" ini tentang eksplorasi ide yang belum pernah dicoba sebelumnya ... Masa depan BitCoin? Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksikannya ....

Mindset yang seharusnya ditanamkan adalah - bukan bagaimana caranya bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan mudah tanpa perlu belajar dan kerja keras .... tapi, bagaimana mendapatkan keuntungan yang tidak hanya bersifat finansial tapi juga informasi yang edukatif untuk proses pembelajaran diri sendiri dan bertukar informasi untuk pembelajaran bersama.

Jika anda seorang praktisi ilmu Teknologi Informasi dan juga Keuangan ... yakin deh konsep 'BitCoin' ini SANGAT MENARIK untuk dipelajari!

#Sekian .... :P

----
Ditulis oleh Palagan.
Copyrights belong to the respected owners

Comments