Intermezo: Plagiat. Blogger Plagiator


Dalam dunia blogging. Plagiat adalah sebuah aktifitas memalukan. Sayangnya masih banyak blogger yang melakukan hal ini tanpa merasa bersalah sedikitpun untuk mengejar 'pengakuan' diri agar disebut sebagai seorang blogger yang selalu up-to-date dengan perkembangan dunia informasi.

Plagiat itu apa sih? Mempublikasikan ulang hasil tulisan atau informasi dari blog milik blogger lain dengan cara copy paste, kemudian mengaku ngaku bahwa dirinyalah yang menulis inforasi tersebut. Para blogger plagiator ini mungkin saja merasa aman, alias merasa tidak akan ketahuan - pdahal - ini jaman teknologi informasi bung! Informasi informasi plagiat dengan mudah bisa ditemukan penulis aslinya.

Blog - BitCoin Indonesia - ini juga mengalaminya. Ternyata blog ini dianggap memuat informasi menarik layak baca sehingga ada beberapa blogger yang memandang perlu untuk melakukan copy paste informasi informasi yang ada di dalam blog ini untuk dipublikasikan ulang di dalam blog mereka - hanya saja sayang cara plagiat yang mereka tempuh - menulis ulang tanpa menyebutkan dari mana sumber tulisan itu berasal.

Cara menemukan blogger plagiator itu mudah! CUkup anda bandingkan saja setiap gaya tulisan yang ada di dalam blognya - jika gaya tulisan yang ada di dalam blognya menggunakan gaya bahasa yang berbeda beda bisa dipastikan dia telah melakukan plagiator - alias copy paste sana sini - mengakui hasil karya orang lain.

Satu lagi untuk mengetahui sebuah tulisan adalah hasil plagiat atau bukan adalah dengan cara mengetikkan judul tulisan tersebut atau copy satu paragraph sebuah tulisan di search engine, jika muncul lebih dari satu hasil pencarian - bandingkan tanggal publikasi yang tertera di search engine tersebut - yang paling lama tentu saja milik penulis aslinya.

Jaman begini masih suka plagiat? Kasihan.

---- Copyrights belong to the respected owners


Comments