Review 1 Bulan Bersama BTCJAM

Apa itu BTCJAM?

BTCJAM adalah sebuah situs 'perantara' atau penghubung bagi mereka (peminjam atau borrower) yang membutuhkan pinjaman dalam bentuk Bitcoin untuk mendanai bisnisnya dengan mereka (para pemberi pinjaman atau lender) yang bersedia memberikan pinjamanan alias kredit lunak (micro credit) dengan perjanjian pengembalian dana pinjaman plus bunga atau interest yang ditentukan oleh sang peminjam itu sendiri.

Kira kira Riba atau ga ya? 

Entahlah! Ada yang bilang tidak karena interest yang dikembalikan oleh sang peminjam itu ditentukan oleh sang peminjam itu sendiri, atas kemauannya sendiri dalam menentukan 'profit sharing' - bukan ditentukan oleh sang pemberi pinjaman - kalau bisnis riba atau rentenir kan sang pemberi pinjaman yang menentukan interest. Jadi ini mungkin yang saya pegang - karena, saya tidak menentukan berapa besarnya pengembalian atas dana yang saya pinjamkan kepada orang lain - terserah deh mau mengembalikan tanpa interest atau mengembalikannya dengan interest sebagai wujud rasa terima kasih karena telah diberi pinjaman.

Info lebih lanjut tentang BTCJAM - 

"BTCJam is the first global peer-to-peer lending network, powered by Bitcoin.

Our mission is to connect individual lenders looking for attractive returns with borrowers looking for accessible and affordable loans.

In emerging economies, like Mexico and India, it is very difficult for citizens to obtain an affordable loan. For example, in Brazil the interest rate for a personal loan can easily reach 200%. Simultaneously, the borrower has to jump through many ‘bureaucratic hoops’, making the application a lengthy process.

Through the completely global, independent and digital currency Bitcoin, BTCJam can facilitate fast and cheap transactions, while overcoming the boundaries between countries. Furthermore, BTCJam developed a unique online, peer-to-peer reputation system in lieu of traditional credit scores to qualify borrowers across the world and allow them to build a transparent credit profile on the platform.

We are very excited about and highly committed to fulfilling our mission, changing how the financial industry operates and enhancing the social impact if Bitcoin."

Dan alamat web resminya bisa diakses melalui link ini

Sekarang Reviewnya.

Untuk menjadi peminjam, banyak syarat yang harus dipenuhi - BTCJAM menyiapkan 'reputation system' atau 'credit rating' yang meliputi - upload document resmi identitas diri ((KTP), upload document billing utility untuk verifikasi alamat rumah (semisal billing telpon, PDAM dan lain lain), koneksi verifikasi kepemilikan akun Paypal yang telah terverifikasi dan juga eBay, bukti penghasilan (slip gaji dan lain lain) sampai dengan referensi dari orang lain atas diri sang peminjam.

Untuk menjadi pemberi pinjaman atau menjadi investor, tentu saja harus memiliki dana dalam bentuk Bitcoin untuk dipinjamkan!

Dalam satu bulan ini saya mencoba untuk menjadi pemberi pinjaman alias investor - hanya saja saya tentu tidak berani memberikan pinjaman dalam jumlah besar, saya hanya memberikan pinjaman dalam jumlah kecil kepada beberapa orang peminjam di BTCJAM.

Hasilnya ....

Dari 4 orang yang saya berikan pinjaman - ternyata ada 2 orang yang terlambat membayar cicilan pertama pinjamannya. Rumor yang beredar dari para investor lainnya, bahwa 2 orang ini sudah bisa dipastikan akan SCAM alias kabur dengan dana pinjaman yang didapatkannya. Waduh!!!!



Bagaimana ini? Koq bisa kabur? Ternyata penyakit kabur dengan dana pinjaman tidak hanya terjadi di dalam transaksi keuangan FIAT saja, tapi juga terjadi di dalam transaksi keuangan CryptoCurrency. Ternyata ada juga orang orang - yang mau mengambil resiko, kehilangan reputasi dirinya - demi sejumlah Bitcoin!

Bagi para investor yang baru bergabung dan masih coba coba memberi pinjaman dalam jumlah nilai kecil, hal ini tentu bukan 'sebuah iklan' yang menarik! Bayangkan saja, dipercaya dengan pinjaman dalam jumlah nilai kecil saja sudah kabur, apalagi kalau pinjaman dalam jumlah nilai yang besar?

Nah! Bagi yang ingin menjadi investor di BTCJAM - BERHATI HATI adalah mutlak, ternyata seseorang dengan reputasi kredit yang bagus pun belum tentu jujur!

Dan bagi yang ingin menjadi peminjam di BTCJAM - khususnya orang Indonesia, jangan sampai deh, berniat menjadi peminjam terus kabur alias melakukan SCAM ... malu maluin bangsa aja! Karena dalam setiap profil pengguna BTCJAM juga ditulis kebangsaannya, bukan tidak mungkin jika jumlah SCAM yang berasal dari satu negara begitu banyak, kemudian membuat negara kehilangan nama di mata dunia. MAsih ingat ketika masih banyak carder alias fraud kartu kredit asal Indonesia jaman dulu? Yang kemudian membuat PayPal dan juga bisnis bisnis lain tidak menerima pengguna dari Indonesia atau tidak menerima pembeli dari Indonesia?

Kesimpulan - 
Gunakan BTCJAM dengan resiko yang anda tanggung sendiri. (Use at yourown risk)


---
(c) Copy Right 2014
Ditulis dan dipublikasikan oleh Palagan
http://bitcoinindonesia.blogspot.com
http://www.palagan.pw
BTC Address: 1F3p8x8yeF2PVqbHrEUBRVs43ReZWRuWSG

Comments


Disclaimer:
Bitcoin Indonesia does not endorse any Bitcoin nor Crypto Currencies - product, service, or company, nor any of the claims made by banner and text ads in this website. Please do your own investigation and self learning due diligence before purchasing any of the products or services advertised here.

Seluruh informasi yang ada di dalam blog ini adalah dokumentasi pribadi dan bukan merupakan saran atau rekomendasi trading dan juga bukan merupakan buy-sell signal bagi sesi trading Bitcoin yang anda lakukan. Pemilik blog tidak bertanggung jawab jika terjadi kerugian - materi atau finansial - yang mungkin terjadi akibat pengaplikasian informasi dari blog ini ke dalam sesi trading Bitcoin yang anda lakukan.