Transaksi SCAM Bitcoin

Sama halnya dengan Fiat, Bitcoin pun tidak luput dari aksi tindak kejahatan atau tindak pelanggaran hukum. Dari hasil pengamatan, SCAM atau tindak kejahatan penipuan yang melibatkan Bitcoin pun sudah mulai terjadi di Indonesia. Para pelaku tindak kejahatan ini atau SCAMMER, memanfaatkan ketidak tahuan orang lain untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri dengan melakukan kegiatan yang melanggar hukum.



Contoh modus SCAM yang mulai terpantau diberbagai macam group diskusi Bitcoin yang ada di media sosial Indonesia.

SCAM melibatkan rekening bank. Sang scammer menawarkan untuk menjual Bitcoin miliknya kepada korban, meminta sang korban untuk mentransfer sejumlah uang ke dalam sebuah rekening bank. Setelah uang dikirimkan oleh korban, Bitcoin yang dijanjikan tidak kunjung dikirim. Bisa juga terjadi sebaliknya, sang scammer ingin membeli Bitcoin dari korban. Tapi .. meminta korban untuk mengirimkan terlebih dahulu Bitcoin kepada sang scammer, setelah Bitcoin terkirim, uang pembayaran tak kunjung datang ke rekening bank sang korban.

SCAM melibatkan layanan CEX.IO - Cex.IO adalah sebuah layanan bitcoin cloud mining yang memungkinkan seseorang untuk melakukan Bitcoin mining tanpa memiliki mining hardwarenya sendiri, tidak perlu memikirkan biaya akses internet dan listrik untuk operasional mining karena semua disediakan oleh CEX.IO. Yang harus dilakukan oleh sang calon miner adalah membeli sejumlah 'computing power' atau yang lebih dikenal dengan GigaHash (Ghash) dari CEX.IO dengan menggunakan Bitcoin (CEX.IO tidak menerima Fiat) untuk proses mining. Setelah memiliki Ghash, proses mining akan dilakukan atas nama sang miner di dalam mining farm yang dikelola oleh CEX.IO

SCAM yang terjadi bermodus, sang scammer menawarkan untuk menjual sejumlah Ghash kepada korban, meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang ke dalam sebuah rekening bank dan berjanji akan memberikan kode 'Ghash reedem voucher' setelah uang diterima. Sang korban biasanya tertarik karena proses pembelian Ghash ini dianggap mudah (menggunakan Rupiah) - dan bisa ditebak setelah uang Rupiah dibayarkan, kode Ghash Reedem Voucher yang dijanjikan tidak kunjung dikirim.

------------

Tips aman bertransaksi Bitcoin

Selalu gunakan jasa perusahaan Exchange Maker yang bisa dipercaya. Di Indonesia saat ini ada dua perusahaan yang bergerak dalam jasa jual beli Bitcoin, yaitu Bitcoin.Co.Id dan ArtaBit.com - silahkan lakukan investigasi terhadap dua perusahaan ini sebelum anda melakukan transaksi dengan mereka.

Jangan bertransaksi dengan orang yang tidak anda kenal di web jejaring sosial seperti Facebook, KasKus dan lainnya. Jika anda terpaksa untuk bertransaksi dengan orang yang tidak dikenal, selalu gunakan layanan jasa Escrow atau rekening bersama semisal InaPay.Com

Dalam kasus CEX.IO - jangan pernah tergiur untuk membeli Ghash dari seseorang atau pengguna CEX.IO lainnya. Cara paling aman untuk membeli Ghash di CEX.IO adalah dengan membeli Bitcoin dari perusahaan Exchange Maker dan meminta mereka untuk transfer Bitcoin yang telah anda beli ke dalam Bitcoin wallet yang telah disediakan oleh CEX.IO untuk kepentingan deposit atau funding akun anda. Setelah itu baru bisa membeli sendiri Ghash dari akun milik anda sendiri.




---
(c) Copy Right 2014
Ditulis dan dipublikasikan oleh Palagan
BTC Address: 1NMBiT6G2qr4xk8tR3rp7txu95YEpgLThb

Comments